Life is just Stories

Life is just Stories

Friday, September 21, 2012

Asdos itu Sinting, tapi....


Shit!!! Asdos Sinting, tapi.......


Finally........setelah berjam-jam waktu terlewati, berpuluh-puluh kertas kuhabiskan, dan berkali-kali aku makan, selesailah tugas kalkulus yang menyesakkan ini. Tuhan... cuaca diluar sana sangat bagus, ingin sekali aku merentangkan tangan di halaman dan merasakan udara hangat dengan angin sepoi yang menggelitik. Mendengar burung-burung berbicara, dan memejamkan mata untuk sekedar tersenyum. Tapi itu semua sudah berakhir saat berakhir pula tugasku ini, karena saat kulayangkan pandanganku ke arah jam dinding, jarumnya sudah meneriakkan jam 9 malam.
Beribu ucap syukur sudah terlalu bosan kuucapkan saat rampunglah tugas kalkulusku. Entah apa yang dipikirkan Asdos (Asisten Dosen) itu saat memberi tugas jahannam ini kepadaku. Kalau saja dua hari lalu aku bisa bertemu orang itu, entah apa yang akan aku lakukan padanya. Sebenarnya seperti apa laki-laki dewasa itu? Mengapa seolah-olah dia 'menyihir' temanku hingga senang membicarakan namanya saat di kelas kalkulus? Mungkin salahku juga yang tidak masuk pada hari pertama dimulai kelas kalkulus dua hari yang lalu. Tapi lima hari lagi aku akan melihatnya. Tidak sabar.
"Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh" salamnya yang lantang itu membuyarkan mataku yang sudah akan terpejam. Akhirnya datang juga. Kusiapkan bangku dan bukuku yang biasanya tidak pernah kulakukan. hari ini pula aku memilih untuk duduk di bangku paling depan pas dengan meja dosen, hingga dapat melihatnya dengan sangat puas. Penasaran. Saat kutegakkan kepalaku, kata pertama yang kuucap jauh di lubuk hatiku adalah,"Subhaanallah". Pada saat itu pula sudah dapat terjawab beribu-ribu pertanyaan dalam hatiku tentang mengapa 'orang ini' selalu menjadi buah bibir di kelas. Hanya satu kata untuknya. Tampan.
Dua jam berlalu dengan cepat, salah satu temanku menyapa asdos itu dengan panggilan Kak Naren. Jadi itulah namanya, Naren. Pikiran yang lambat. Entah mengapa semakin hari aku semakin penasaran dengan orang itu, apa yang telah membuatnya menjadi orang yang begitu kaku dan sangat-sangat tidak menikmati hidup yang indah ini. Tuhan...... masih ada hambamu yang seperti Kak Naren di abad ke 21 ini, tolong selamatkan dia..... hihihi aku memikirkan keanehan Kak Naren sambil berjalan dan membuatku tertawa sendiri seperti sedang gila. Hah, apa-apaan ini!! Belum apa-apa dia sudah buat aku jadi gila.

Setelah beberapa langkah aku baru menyadari bahwa aku melewatkan ruang perpustakaan prodi tadi. Segera aku berbalik untuk sekedar mencari diktat sumber untuk bahan mata kuliah Fisdas besok. Saat tiba di perpustakaan, ruangan bergaya Eropa itu tampak sepi sekali seperti tak berpenghuni, tapi.... setelah melewati meja penjaga ternyata kutemukan seorang lelaki sedang terpekur sendiri menyelami buku setebal 20 cm (lebay) di depannya. Aku tak mungkin repot-repot memperhatikannya kecuali ternyata memang dia adalah orang yang kukenal. Sangat kenal. Apa yang dilakukan Kak Naren di perpustakaan saat ini? Maksudku, apa dia tidak terlalu bosan untuk terus membaca dan tenggelam dalam beribu-ribu huruf setiap hari atau bahkan setiap saat? Entahlah. Tetapi saat kudengarkan lebih teliti..... Oh God, bukan. Dia bukan sedang membaca, tapi sedang menangis.Mataku membelalak tak percaya dan saat itu juga ia mendongakkan kepalanya dan bertatapan langsung denganku. Bertatapan langsung. Tatapan matanya sangat berbeda dari biasanya. Bukan seperti tatapan Adolf Hitler yang biasanya mendongengiku di kelas, tapi seperti tatapan anjing yang tersesat di jalan saat hujan lebat. Tiba-tiba saja aku menjadi sangat kasihan dengan Asdos sinting itu. Dengan berlagak sok kenal aku mendekainya seraya berkata singkat,"Ada yang salah kak?" Tapi dia tetap tak bergeming, saat akan kutinggalkan dia bersama tangisannya tiba-tiba saja ia bediri dan mengucapkan sebuah kalimat aneh. "Apa saya begitu tak menyenangkan? Apa kamu malu kalo punya kakak seperti saya??". Apa yang harus aku lakukan saat itu? lantas saja kujawab dengan ringan,"Kak Naren tanya saya?" Dia diam. Mulutku tiba-tiba saja berbicara yang menurutku agak ngelantur, "Kak, kalo menurutku gak ada orang yang terlalu memalukan. Hanya saja, tergantung lingkungan ia tinggal." Ops.... ngomong apaan sih aku!! Tiba-tiba aja Kak Naren pergi. Dasar aneh.
Keesokan harinya aku tak pernah lagi bertemu dengan Kak Naren. Tetapi, baru saja aku menggaruk janggut karena berpikir, seseorang berbisik ke telinga kananku, "Saya tunggu di selasar plano setelah kuliah saya."
satu kata : Shit!!!
Stetlah sampai di selasar plano dengan terengah-engah, orang itu ternyata langsung to the point dan membicarakan maksudnya menyeretku ke selasar ini.
"Kamu alumni pondok pesantren kan?" tanya Kak Naren
"Iya kak, emang kenapa?" tanyaku heran. Firasat buruk.
"Saya udah tau tempat kos kamu, besok minggu jam sembilan pagi saya jemput.
"Jemput kemana kak?"
"Kerumah saya. Kamu punya tugas penting banget yang harus dilaksanain!!! Gak pake nolak, atau nilai F yg bakal keluar di Kalkulus."
Aku hanya diam sambil membatin,"Dasar, Asdos sinting!!"

Keesokan harinya Kak Naren benar menjemputku dengan menggunakan Kia Picantonya yang berwarna hijau mengkilap itu. Setelah tiba di rumahnya aku masih belum ada gambaran tugas apa yang harus aku lakukan di rumah Asdos? apa aku bakalan dijadikan pembantu rumah tangga? Tidak mungkin. Setelah masuk ke rumahnya barulah aku sadar aku benar-benar sudah dijadikan tumbal oleh Asdos sinting itu. Di dalam rumah itu, sudah berkumpul semua keluarganya tanpa terkecuali termasuk kakek dan neneknya. Dengan lantangnya ia tiba-tiba memecah keramaian di rumah itu dengan kalimat yang benar-benar sangat tidak aku harapkan.
"Pah, Mah, saya mau perkenalkan kalian sama Diar. Dia,,,,, ya gitu lah..."
Hatiku dengan reflek segera mencaci,"Mampus!! Apa-apaan sih Asdos ni!!Sintingnya nambah merembet kemana-mana." Aku yang sudah mati kutu ini, terus saja dilihat oleh mereka-mereka.

“Mah, pah, nek, tir, ini Kelsi. Nama panjangnya Maulidiar Rahma Kelsi Fachriza. Tapi panggil aja Kelsi.”
Lantas apa yang akan kulakukan? Aku hanya tersenyum kaku saat mereka melihatku dengan tajam. “Tuhan…. Cobaan apa lagi yang engakau berikan kepadaku?” Tapi beberapa saat kemudian tiba-tiba tatapan mereka menjadi berubah. Menjadi ramah.
“Alhamdulillah… akhirnya Naren punya pacar juga. Benar kan jang?? Ini pacar ujang kan? Tanya seorang wanita lansia-sepertinya nenek-kepada kak Naren.
Tebak apa yang dilakukan oleh Kak Naren? Dia hanya tersenyum. “What??? Sikap apa-apaan itu!! Apa asdos itu udah gila? Ya ampuuunnn, kalau bisa kucekik dia, bakalan kucekik sekarang juga. Bila perlu, kutelan dia tanpa pisang.
Acara “arisan keluarga itu tak terasa juga sudah berakhir dan Kak Naren meminta izin pada keluarganya untuk mengantarku pulang. Sepanjang perjalanan ia tak mengucapkan sepatah kata pun. Aku? Apalagi! Saat sudah terlihat gerbang kosanku, mobil hijau itu berhenti perlahan-lahan. Saat akan kuraih pintu mobil, tiba-tiba Kak Naren seperti menahan tanganku.
“Maaf, maaf saya gak bilang sama kamu tentang hal ini sebelumnya, karena kamu memang gak akan mau kan?” belanya
“Kalo tau aku nggak mau kenapa masih dilakuin sih?” jawabku agak sengit
“Cuma kamu satu-satunya teman yang bisa nolong aku dalam keadaan ini. Kamu alumni pesantren di Jombang kan? Itu cocok banget sama kriteria keluarga saya. Pliss, jangan menyerah dulu ya? Mereka nggak mungkin menyulitkan kamu kok.”
Aku hanya dian memikirkan salah satu kata yang diucapkannya tadi “teman”?? apa mergokin oang nangis di perpus prodi aja udah bisa dibilang teman. Lalu aku memberi respon,”OK Kak, aku lanjutin permainan satu ini, asalkan kalkulusku mulus semester ini, gimana?”
“Itu masalah gampang Kel….” Jawab Kak Naren sambil tersenyum.
Dalam hatiku berkata, “Manis juga kak Naren kalo senyum….… hihihi”
Hari demi hari berlangsung lumayan cepat, Kak Naren sering mengajakku pergi ke rumahnya. Orang tuanya sering sekali menanyaiku mengenai pondok psantren almamaterku dulu. Ya….. Tebuireng, siapa yang tak kenal dengan salah satu pesantren kesohor itu. Adiknya juga lumaya ramah, hihihi sebagai adik perempuan yang memiliki kakak seperti Kak Naren, dia lumayan tabah menghadapi nasib memiliki kakak yang sangat kaku dan kolot itu. Tapi yang membuatku aneh adalah sekarang-sekarang ini, Kak Neren sering mengajakku bahkan ke tempat-tempat lain seperti Sushibun, Hanamasha, Gramedia (Dasar kutu buku!), bahkan dua menit lalu Kak Naren mengirimkan pesan dibawah email tugasku. “Ke BSM nanti siang”. Apa rencana yang sedang ia buat sekarang??
Acara jalan-jalan ke BSM tadi lumayan sukses. Kak Naren nggak pernah tertawa selepas tadi. Kasian banget hidupnya. Kalo liat matanya yang sendu itu, aku selalu ingin mengusapnya agar bisa bercahaya lagi, ingin kuhibur seperti dia yang biasanya selalu melakukan hal-hal aneh jika kehidupan kampus tidak berjalan indah. Sebagai salah satu mahasiswa STEI di ITB, aku yang latar belakangnya seperti mendapat dewi fortuna ini memang sering terseok-seok menghadapi cobaan persingan di kampus. Belum lagi jumlah siswa laki-laki yang terlampau banyak melebihi wanita. Sering sekali Kak Naren mengajakku untuk belajar bersama, ia menganggapnya belajar bersama. Tapi aku menganggap bahwa ia memang sedang membantuku. Mengajari matri-materi yang mungkin menurutnya hanyalah seperti cemilan itu. Miris. Entah sejak kapan aku  terus memikirkan laki-laki berkulit putih dan berdagu topas itu. Apa yang bisa aku lakukan saat ini hanyalah berdo’a agar semua ini cepat berakhir, permainan ini cepatlah berakhir. Karena hanya akan luka yang akan timbul jika aku tak bisa menahan perasaan ini lebih lama.
Renunganku kemarin memang telah membuatku sadar, perlahan aku mulai menjauhi Kak Naren. Tidak membalas emailnya, sering merijek teleponnya, bahkan sempat menolak makan di Hanamasha (Sayang….. shabu-shabbunya enak banget). Kak Naren mungkin juga sudah menyadari hal itu. Lebih sering ia mengirim email. Tetapi ada yang aneh dengan email terakhir yang dia kirim.

Everyday ‘d been just a suck before you came
Facing the truth that never gonna be better for my life
Avoid the glory, that you came after it
I’ve just feel another taste, a good taste
The best
Because of you
Just after you came, no other

Apapun artinya email itu, tekadku sudah bulat untuk mula perlahan meninggalkan fatamorgana ini. Semua takkan bertahan lama.
Terakhir juga ujian semester ini, akhirnya aku bisa melewati saat-saat enam bulan pertamaku yang sulit di Kampus Teknologi ini. Baru saja aku keluar dari kamar mandi CC Barat, aku melihat pemandangan yang sangat indah. Seseorang yang tak pernah kulihat setidaknya dalam 1 bulan ini. Yup, usahaku untuk menjauh dari kak Naren membuahkan hasil. Setelah beberapa minggu aku mencoba menjauh akhirnya ia juga menjauh. Tepat seperti dugaanku. Tak akan mungkin jadi kenyataan. Bagaikan punguk yang merindukan rembulan. Jika melihat dari luar memang hanya bisa terlihat sebagai seorang pria kutu buku  yang membosankan. Tapi yang sesungguhnya, hatinya begitu lembut hingga tak bisa dimengerti oleh orang lain. Kak Naren sedang duduk santai di depan mushola CC barat. Aku masih diam. Tersenyum sendirian melihat Kak Naren, tak terasa air mata menetes membasahi pipi yang sudah lelah ini. Ingiiin sekali mendekat, dan menghambur ke arahnya. Tapi, apalah daya, aku yang akan terluka nantinya. Sesaat kemudian, tiba-tiba Kak Naren melihat ke arahku. Aku tetap diam dengan air mata membanjir.
Bodoh!! Cepat pergi dari sini… umpat diriku sendiri. Kak Naren sudah setengah berlari menuju ke arahku. Aku kemudian baru merespon dan mulai melarikan diri. Segera kutambah kecepatan lariku. Selama lari itu, aku tak tahu apakah dia masih mengikutiku atau tidak. Kekuatanku sudah habis saat kusadari sudah berada di Aula Barat. Aku berhenti terengah-engah dan ternyata memang kak Naren masih mengikutiku. Dia mendekat hingga berada tepat di depanku.
“Kenapa kamu ngilang Kel? Selalu lari dan menjauh begitu dari saya?” tanyanya singkat.
“Nggak, aku Cuma sibuk. Aku nggak ngilang kok.” Elakku
“Terus kenapa tadi kamu lari?” tanyanya lagi
“Udahlah Kak” elakku sambil berusaha untuk kabur
Saat aku sudah berbalik membelakanginya, tba-tiba ia membisikkan hal yang benar-benar membuatku membeku
“Nggak kangen sama saya Kel? Setelah semua ini, satu bulan kita nggak ketemu. Nggak adakah rasa kangen sedikit?”
Aku diam. Aku tak pernah tahu apa kalimat yang tepat untuk membalas pertanyaan itu. Hanya hati keciku yang berteria, “Iya kak….Iya…. Aku kangeeen banget ama Kak Naren.” Tapi aku terlalu takut mengatakannya. Lagi-lagi hanya air mata yang bereaksi. Sesaat itu kita hanya diam, tapi segera Kak Naren mendekat dan kemudian mendekap. Taka da yang dikatakan olehnya. Begitu juga denganku. Hati kecilku lalu membentak, “Kels, back down to earth!!” Segera kulepas pelukannya dan pergi menjauh. Lagi. 


Seminggu setelah kejadian naas itu, aku masih belum bisa melupakannya. Selalu terbayang saat aku melewati Aula Barat yang selalu menjadi jalur masukku ke kampus. Khusunya di depan toilet tak terpakai yang mennjorok ke bawah itu. Kembali aku melewati Aula Barat. Hanya berhenti sejenak untuk mengenang. Setelah itu, langkahku kembali bergulir dan menuntunku ke arah gedung labtek VI. Entah mengapa ingin sekali membaca buku fisika. Tapi, hari ini diktat fisika tak kubawa dan kuliah masuk 3 jam lagi. Entah mengapa aku ingin sekali ke kampus. Kakiku terus melangkah hingga ia mengantarku ke depan pintu perpustakaan prodi. Perlahan kubuka pintunya dan kutemukan bahwa hari itu sama sepinya dengan beberapa bulan lalu saat aku bertemu dengan Kak Naren. Reflek aku memilih meja yang berada di paling pojok, sebenarnya model bangku perpustakaan prodi itu seperti membelakangi. Aku merasa ada orang di belakangku, tapi ia mungkin tak bisa mengetahui keberadaanku karena memang tak terlihat. Saat aku duduk terpaku di sana, terdengar suara seorang lelaki yang sedang bergumam. Aku bisa dengan jelas mendengar semua ucapannya

"Ada apa dengan kelsi? kenapa dia terus saja menjauh. Aku memang gak pernah bisa ngungkapin hal yang sedang terjadi diantara kita tapi apa dia gak bisa merasakannya? Apa kelsi benar tidak pernah merindukanku?? Dia tahu aku sangat rindu......"

Kata-kata itu begitu membingungkanku. Tak tahan lagi segera aku berlari ke hadapan orang yang berbicara tadi. Dugaanku benar, orang itu adalah Kak Naren. Aku hanya bisa menangis lagi di hadapannya, tak berani melakukan apa-apa. Perlahan ia berdiri dan menarikku ke dalam pelukannya. Dengan suara yang terseok-seok aku masih berusaha untuk mengatakan sesuatu, "Aku kangen sama kakak..... kangen... banget..."
ia membalas, "Apa kamu gak bisa ngerasain perasaan saya?"
"Aku takut kalo itu bukan perasaan yang benar-benar buat aku..."
Kak Naren membalas agak lama, "Perasaan saya selalu benar buat kamu dan akan selalu benar begitu selamanya. I love you Kelsi..... Sayang banget sama kamu....... forever selamanya akan selalu begitu. Hanya dengan kamu......"

Semua cerita kocak dan menyedihkan ini akhirnya berakhir dengan bahagia juga. Kak Naren tetap menjadi asdosku yang paliiing baik, paling tampan, pokoknya paliing segalanya deh.... Selain dapat pacar ternyata aku juga dapet guru les gratis dan makan malam gratis 3 kali seminggu. Kadang, kalo ketemu di kantin suka dijajanin. Enak juga punya pacar Asdos.....
Masa-masa kuliah memang sangat berat untukku, tapi selama masih ada Kak Naren, all is well. Kak Naren memang agak sinting.... tapi, gimanapun juga dia kan pacarku. hehehe.
HAPPY ENDING

No comments:

Post a Comment